Bengawan Formula Student:

 Menciptakan Mobil Generasi ke-5 

Bengawan Formula Student adalah badan semi otonom KMTM FT UNS. Motto dari tim ini adalah “To Maximum Speed of Unlimited Hope” yang berarti kecepatan memiliki batas maksimal, namun harapan tidak akan pernah ada batasannya. Hal yang kami pegang adalah niat dan tindakan untuk mewujudkan  harapan-harapan besar yang telah kami buat.

Meet “Pancawala 

Perjuangan kami telah melahirkan mobil generasi ke-5 yang bernama Pancawala. Pancawala merupakan tokoh wayang Jawa yang memiliki karakter sabar, bijaksana, dan legawa. Hal itulah yang menjadi filosofi pembuatan mobil generasi ke-5 dari tim Bengawan Formula Student UNS. Karena bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah mobil balap, terlebih saat pembuatan Pancawala, tim sedang dalam kondisi baru bangkit dari tidurnya. Sehingga memerlukan kesabaran, kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan, dan sikap tetap legawa terhadap apapun hasil yang diperoleh.

Warna mobil generasi ke-5 ini didominasi oleh hitam dan kuning dengan harapan agar Pancawala memiliki pencapaian terhebat dari mobil generasi sebelumnya dan memiliki ketangguhan yang lebih baik dari mobil generasi sebelumnya.

Inovasi Generasi Ke-5 

Pada mobil generasi ini pengembangan difokuskan pada beberapa sektor. Sektor Frame berupa modifikasi struktur hingga memiliki kekakuan hampir 3 kali lipat dibanding Frame mobil sebelumnya. Pada sektor kaki-kaki, dilakukan pengembangan berupa penggunaan shock absorber adjustable, sehingga kekakuan kaki-kaki dapat disesuaikan dengan track yang dilewati. Pada sektor mesin dilakukan pengembangan pada intake plenum, sehingga mesin bisa lebih responsif dan bertenaga. Serta penggunaan sayap depan dan sayap belakang bertujuan agar mobil lebih stabil saat kecepatan tinggi dan manuver.

Dengan berbagai pengembangan yang telah dilakukan dari mobil generasi sebelumnya, maka saat pengujian Pancawala dapat mencetak waktu terbaik di seluruh lintasan yang diperlombakan. Namun pengembangan Pancawala akan tetap dilanjutkan dan diterapkan pada mobil generasi berikutnya, karena masih terdapat beberapa kekurangan pada mobil ini.

Untuk tahun-tahun berikutnya, sesuai dengan motto tim kami, kami berharap agar Bengawan Formula Student dapat selalu meraih harapan – harapan besarnya serta membanggakan bangsa, almamater, dan S1 Teknik Mesin UNS. 


Bengawan Formula Student Juara!